Cari Blog Ini

Kamis, 27 September 2012

Tahapan Lup (Menstruasi) pada Anjing

Untuk memahami tentang kehamilan anjing, terlebih dahulu kita harus mengerti pehamanan umum tentang bagaimana tubuh anjing betina bekerja. Anjing betina akan mengalami lup (seperti menstruasi pada manusia) sebelum dia bisa hamil. Dokter hewan biasanya menyarankan untuk tidak melakukan pemacakan jika anjing betina baru mengalami lup pertama, karena organ2 reproduksinya belum berkembang dengan sempurna. Jika tetap dilakukan pemacakan dapat menghambat pertumbuhan anjing itu sendiri.

Kebanyakan anjing mengalami lup 2x dalam setahun, tapi biasanya hanya dilakukan pemacakan satu kali dalam satu tahun dan lup keduanya dilewati. Selama masa lup, anjing betina bisa dipacakkan dengan lebih dari 1 pejantan. Lama lup sekitar 3 minggu dan siklusnya akan datang setiap 6-9 bulan sekali.

Pada minggu pertama yang dapat kita kenali saat anjing sedang lup adalah kemaluan yang  membengkak dan mengeluarkan darah. Pada masa awal ini, sel telur belum dilepaskan. Anjing - anjing jantan akan lebih tertarik untuk mendekati si betina, gak seperti biasanya, kaya orang pdkt gitulah, lebih agresif, hehehe... Di masa awal betina belum merasa tertarik buat kawin, baru setelah masa suburnya datang (sekitar hari ke-9 sampai 15), betina baru mau dikawin. Jadi kalo kita mau pacakkin anjing jangan asala-asalan, harus pas masa suburnya. Ciri-ciri masa subur --> betina suka menyodorkan pantatnya, daerah antara anus dan kemaluan kalo dipegang udah empuk.

Pada minggu kedua lup itu adalah masa subur si anjing betina. Betina mulai berusaha untuk menarik perhatian dengan sikap tubuhnya. Darah lupnya mulai berubah warna dari pink menjadi kekuningan. Kemaluannya akan tetap bengkak tapi akan lebih empuk dari biasanya. Durasi masa subur ini biasanya berlangsung selama 5-9 hari. Setelah tahap ini selesai, anjing betina tidak lagi mengundang perhatian para anjing jantan.

Pada minggu ketiga anjing betina sudah tidak terlalu mengundang perhatian. Apalagi jika pemacakan berhasil dan dia hamil, anjing betina tidak akan mau didekati oleh pejantan lain. Jika anjing hamil, maka kemaluan akan tetap bengkak walaupun masa lup sudah selesai. Jika tidak, maka kemaluan akan berangsur-angsur kembali ke ukuran semula.

3 komentar:

  1. Salam kenal dari Kalimantan Tengah.. Mohon pencerahannya..

    Di rumah Saya punya 1 ekor herder jantan, 1 ekor husky jantan, dan 1 ekor husky betina yang melahirkan 5 ekor anak sebulan yang lalu.. Tapi anehnya, 3 ekor puppies fisiknya ngikut induknya (husky) sedangkan yg 2 ekor lainnya tidak mirip sama sekali (fisik nya persis herder)

    Padahal, saya mengawinkan nya dengan pejantan di rumah, yg sama2 ras husky juga.. Pada saat masa subur betina nya saya kawinkan setiap hari (selama kurang lebih seminggu) secara alami dgn pejantan (husky) nya..

    Hanya saja, saat masa suburnya hampir berakhir, saya sempat melihat pejantan herder saya 'berhasil' mengawini husky betina saya..

    Nahh, pertanyaan saya.. Apakah bisa satu ekor betina dibuahi (dikawinkan) oleh lebih dari satu jantan dan melahirkan anak yg sebagian 'mengikuti' jantan yg satu dan sebagian 'mengikuti' jantan yg lainnya??

    Dengan kata lain, sel telur (ovum) betina dibuahi oleh lebih dari satu sel sperma dari pejantan yg berbeda..

    Apakah bisa terjadi seperti itu?? Mohon penjelasannyaa..

    Trims sebelumnya..

    BalasHapus
  2. Selamat Siang Semua
    Saya mau tanya berapa jarak dari siklus pertama anjing loop hingga siklus ke-duanya ? apakah per 6 bulan atau 8 bulan atau berapa lama?
    karena dogy saya dari siklus pertama hingga lewat setahun ini saya belum melihat dia mens atau lop untuk kedua kalinya.
    Mohon Bimbingannya.

    Terimakasih, Salam Sejahtera

    BalasHapus
  3. Gimana sih caranya mencegah anjing betina agar tidak kawin saat loop

    BalasHapus