Cari Blog Ini

Jumat, 27 April 2012

Manfaat Fish Oil (Minyak Ikan) untuk anjing kesayangan

Fish Oil (Minyak Ikan) untuk Anjing


Apakah anda tahu bahwa anda dapat meningkatkan kesehatan anjing anda dengan memberikan fatty acid (asam lemak)? Fatty acid akan memberikan anda keuntungan melebihi keuntungan yang dapat diberikan oleh dog food. Minyak ikan untuk anjing dan flaxseed oil (minyak biji rami) merupakan dua sumber asam yang dapat anda berikan kepada anjing anda.

Mengapa fatty acid?
Baik anjing maupun manusia tidak mampu memproduksi fatty acid dalam tubuh mereka, sehingga fatty acid harus diperoleh melalui sumber lainnya, yaitu makanan. Anjing yang diberi makanan yang sudah di proses (dog food) pada umumnya kekurangan akan fatty acid. Hal yang sama juga terjadi jika anda memberikan anjing anda makanan yang anda masak sendiri (home cooked).

Disatu sisi minyak ikan dapat membantu anjing anda mengatasi masalah kesehatan, dan disisi lain, kekurangan fatty acid dapat mengakibatkan anjing anda mengalami masalah kesehatan lainnya.

Keuntungan minyak ikan bagi anjing?
Omega merupakan anti-radang. Dalam hal ini, omega membantu anjing anda dalam mengatasi masalah arthritis dengan mengurangi radang pada sendi dan membantu pergerakan sendi. Sebenarnya omega 3 fatty acid memberikan keuntungan bagi anjing ataupun hewan lainnya.

Linoleic acid yang terdapat dari minyak ikan memberikan kesehatan bagi kulit anjing anda. Linoleic acid ini juga dapat mengurangi beberapa jenis kanker (mengurangi formasi sel-sel kanker) ketika digunakan dengan obat-obatan lainnya.

Minyak ikan juga membantu menjaga kesehatan ginjal, jantung dan menurunkan kadar kolestrol pada anjing anda dan meningkatkan daya tahan tubuh, dimana dapat membuat kulit dan bulu anjing anda menjadi lebih sehat. Kondisi bulu dan kulit anjing anda merupakan indikator bahwa anjing anda memiliki masalah kesehatan, perhatikanlah hal ini.

Efek samping?
Sebuah resep tidak diperlukan untuk membeli suplemen omega-3. Suplemen omega-3 umum digunakan dalam pengobatan manusia dan hewan. Minyak ikan sangat aman untuk dikonsumsi - efek samping umumnya terbatas pada bau amis pada napas atau kulit.

Sistem kerja minyak ikan
Minyak ikan diproduksi dari minyak yang diambil dari ikan air dingin seperi menhaden, trout dan salmon. Minyak ikan mengandung dua jenis omega-3 : EPA dan DHA. Menurut Jurnal dari Veterinary Research menyarankan, sebagai suplemen tambahan anda harus memberikan anjing anda sekitar 1.75g EPA per kilo dari diet dan 2.2g DHA per kilo dari diet anjing anda untuk hasil yang optimal. Kedua asam lemak tersebut bekerja didalam tubuh untuk mengurangi radang dan biasanya dapat mengganti kebutuhan tubuh akan corticosteroid untuk mengobati beberapa kondisi radang. EPA membantu meringankan kerusakan tulang rawan yang disebabkan oleh arthritis. EPA melakukan hal tersebut dengan mengurangi produksi beberapa jenis enzyme. DHA memiliki fungsi utama untuk perkembangan otak-bagus untuk anak anjing dan juga pada anjing yang sudah lanjut usia.

Minyak Ikan yang Baik
Salah satu bentuk minyak ikan sangat baik untuk anjing adalah minyak salmon liar. Minyak salmon memiliki jumlah Omega tertinggi daripada ikan air dingin lainnya jadi ini adalah pilihan utama. Pengujian telah dilakukan untuk memastikan tingkat merkuri berada di bawah tingkat diijinkan dan kebanyakan suplemen yang baik tingkat merkurinya berada di bawah tingkat yang diijinkan. Kebanyakan anjing menyukai rasanya. Hal ini dapat meningkatkan bau amis pada anjing, tetapi pengurangan pengurangan jumlah pemberian minyak ikan dapat membantu hal tersebut.

Dosis
Dosis yang benar dapat bervariasi tergantung dari jenis minyak ikan yang anda gunakan, ukuran anjing anda, dan tujuan dari pemberian minyak ikan kepada anjing anda. Ketika menggunakan minyak ikan sebagai suplemen pencegahan penyakit, pada umumnya pemberian untuk anjing berukuran sedang (sekitar 18kg-27kg) adalah 1000mg minyak ikan per hari. Untuk anjing yang lebih kecil diberikan minyak ikan sekitar 500mg-750mg per hari. Untuk anjing yang lebih besar diberikan minyak ikan sekitar 1500mg-2000mg per hari. Ketika menggunakan minyak ikan sebagai bagian dari pengobatan untuk penyakit tertentu, dosis yang lebih tinggi mungkin saja diperbolehkan. Konsultasikan dengan dokter hewan anda sebelum meningkatkan dosis minyak ikan: kelebihan dosis dapat mengakibatkan masalah penggumpalan darah.

Kesimpulan
Baik Omega-3 dan omega-6 sudah diterima secara luas dan digunakan untuk mengobati dan mencegah berbagai gangguan pada anjing. Suplemen minyak ikan ini sangat aman dan dapat diberikan kepada anjing setiap hari. Merupakan hal yang penting untuk membaca label untuk menentukan asupan suplemen omega di dalamnya dan memberikan anda petunjuk untuk dosis produk yang anda gunakan dengan lebih spesifik.

Disadur dari Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar