Cari Blog Ini

Selasa, 24 April 2012



MOLLi
 Vaksinasi anjing peliharaan
Kita sebagai penyayang hewan sampai saat ini kadang kala tidak mengerti mengapa Anjing yang kita pelihara harus menjalankan VAKSINASI . Karna ada beberapa macam penyakit menular yang umumnya menjalar di anjing yang perlu diwaspadai oleh kita sebagai pemelihara.diantaranya adalah : Canine Parvovirosus ,canine Distemper, Canine Hepatitis, Canine Leptospirosis, dan Para Influenza serta Rabies. Semua penyakit ini disebabkan oleh Virus,Disamping itu ada juga penyakit yang disebabkan oleh Bakteri dan jamur. Untuk pencegahan terhadap penyakit penyakit yang membayakan pada hewan kesayangan kita, maka Vaccine merupakan tindakan yang sangat bijaksana dalam pemberian kepada hewan kesayangan kita. Menurut pengalaman Tindakan Vaksinasi relative efektif dalam menurunkan tertularnya pada anjing, namun hal ini juga perlu didukung oleh pemelihara dengan cara memelihara peliharaannya dengan benar dan baik.

Enam Penyakit Yang Harus Dicegah
  • Ada enam penyakit yang dapat dicegah dengan Vaksinasi, Tiga diantara dari enam penyakit tersebut adalah Leptospirosis, Hepatitis dan Rabies yang bersifat ZOONOSIS atau dapat menular kepada manusia,
  • Anak Anjing menerima vaksinasi terhadap penyakit tersebut, secara bertahap sesuai dengan perkembangan dan kondisi.
  • Dengan memberikan Vaksinasi menurut program yang baik, maka kemungkinan hewan kesayangan terinfeksi oleh penyakit akan terhindar atau berkurang.
  • Terlebih dengan pemeliharaan yang baik ,Maka kesehatan hewan tersebut akan lebih terjamin lagi.


Anjing Ras Apa Yang harus Divaccine ?

Pada dasarnya semua anjing harus divaksinasi agar terhindar dari penyakit penyakit tersebut diatas,dan juga terhadap anjing anjing blasteran atau campuran bahkan anjing kampung selakipun. Anggapan anjing blasteran atau anjing kampung tidak memerlukan Vaccine sebenarnya tidak tepat. Karna semua penyakit ini tetap dapat menyerang kepada semua ras anjing tanpa pengecualian, bahkan beberapa penyakit tersebut berakibat fatal terhadap anjing.

Bagaimana Menangani Anjing Yang Baru Dibeli Dan Belum Divaccine ?
  • Anjing yang baru dibeli dari peternak atau dimana saja, sebaiknya kita menanyakan apakah anak atau anjing tersebut sudah dalam keadaan divaccine, dan sampai dimana jenis vaksinnya, Apa bila menemukan belum menjalankan Vaksinasi kita tidak perlu khawatir terhadap anjing tersebut, yang terpenting kita tahu bagaimana persiapan pada saat anak atau anjing tersebut untuk menjalankan vaksinasinya,
  • Anjing yang baru dibeli sebaiknya jangan langsung diberikan Vaksinasi,akan tetapi biarkan anak atau anjing tersebut selama 1(satu) atau 2 (dua) minggu dirumah kita agar anak atau anjing tersebut beradaptasi dirumah kita,karna selama dalam waktu tersebut anak atau anjing tersebut sedang beradaptasi dan biasanya mengalami stress yang berat disaat berpindah tempat.
  • Jalan terbaik adalah berikan multi vitamin dan mineral yang dilengkapi dengan asam amino, untuk mengurangi stress dan mempercepat adaptasi ditempat yang barunya,
  • Dengan pemberian asam amino sangat penting guna membantu merangsang nafsu makannya,karna setiap anak atau anjing yang berpindah tempat dan beradaptasi biasanya nafsu makannya menurun,sehingga dengan menurunnya nafsu makan anjing tersebut berarti menurunnya juga kondisi anjing tersbut ditempat yang baru.

Apa Yang Menjadi Kunci Utama ?
  • Pemberian obat cacing adalah kunci utama dalam kesehatan anjing dan program vaccine, gunakan obat cacing yang dapat membasmi cacing cacing jaringan tubuh (Cacing Trematoda darah), agar anak atau anjing tersebut terbebas dari cacing cacing jaringan tubuh yang mempunyai sifat parasid penghisap darah yang menyebabkan berkurangnya sel sel darah merah dan terjadinya anemia dan turunnya trombosit serta mudahnya terserang infeksi terhadap anjing tersebut yang menjadikan kelemahan anjing tersebut dalam proses ber adatasi ditempat yang baru.
  • Pemberian Fe ( Zat besi) sangat juga diperlukan semua ini berguna sebagai pencegahan anemia dan mudahnya terjadi macam infeksi pada anjing tersebut sebelum pemvasinan.
  • Kondisikan anak atau anjing tersebut selama 1(satu) atau 2 (dua) minggu dirumah kita selama persiapan vaksinasi.
  • Janganlah setelah pemberian obat cacing dan besoknya langsung diberikan vaccine, karna setiap pemberian obat cacing apapun setidaknya anjing mengalami stress ringan, tunggulah minimum 5(lima) sampai 7 (tujuh) hari. Setelah pemberian obat cacing baru kita memberikan Vaksinasi. Karna biasanya obat cacing bekerja selama 3(tiga)hari didalam tubuh anak atau anjing tersebut.


Apa Yang Membuat Vaccine Menjadi Gagal ?
  • Yakinkan kondisi anak Atau anjing tersebut dalam kondisi bebas dari penyakit dan sudah benar benar beradaptasi ditempat yang baru, karna Vaksin hanya dapat digunakan pada anak atau anjing yang benar benar dalam kondisi sehat.
  • Apa bila setelah pemberian Vaccine dan ternyata timbulnya penyakit mis deare, muntah muntah , Berak darah atau yang lainnya, berarti dalam waktu pemberian vaksinasi konsisi anjing dalam keadaan kondisi tidak sehat, Maka dengan demikan Vaccine yang kita berikan gagal total dan vaksinasi tidak berfungsi yang kita harapkan.dikarnakan disaat anjing tersebut sakit setelah vaksin,ternyata harus memberikan antibiotik ,guna pemyembuhan anjing tersebut. Maka virus vaccine yang baru diberikan masih dalam kondisi virus lemah akan mati semua.berarti vaccine yang kita berikan sia sia.


Masa waktu Ingkubasi Vaccine
  • Antibody atau ingkubasi vaccine baru akan tercapai maxksimal setelah 14(empat belas) hari setelah vaccine diberikan. Oleh karna itu anjing yang baru divacine harus benar benar diperhatikan dalam pemeliharaannya.dan selalu dengan kondisi sehat.
  • Anak atau anjing tidak boleh dimandikan atau diberikan obat yang berbahan yang bersifat mematikan virus, Dasarnya obat tersebut akan menyebabkan Inefektivitas kerja vaccine.
  • Bila memang harus dimandikan atau dibersihkan sebaiknya menggukan shampoo kering, atau dilap dengan lap basah dan langsung dikeringkan.

Apa Yang Harus Kita Lakukan ?
  • Anjing yang baru atau dalam program di Vaccine sebaiknya dihindarkan kontak dengan anjing sakit atau yang belum jelas status keadaannya, terutama 2 (dua) minggu sebelum / setelah Vaksinasi.
  • Anjing seusai vaksinasi sebaiknya ditempatkan pada lingkungan yang terhindar dari terpaan angin secara langsung, cuaca dingin , atau hujan agar tidak menyebabkan penurunan stamina anjing..
  • Setelah pemberian Vaccine anak atau anjing tidak boleh dipindahkan kelingkungan yang baru atau menempuh perjalanan jauh. Karna membuat anak atau anjing yang baru divaccine menjadikan kondisi stamina yang menurun dikarnakan stress, yang membuat vaccine menjadi gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar